Cara Download File di Scribd

Cara Download File di Scribd – Scribd sudah tidak asing lagi didengar oleh para siswa, baik pelajar maupun mahasiswa. Scribd merupakan situs web berbagi dokumen, makalah, dan presentasi dalam bentuk iPaper yang paling populer serta telah memiliki pengguna lebih dari 50 juta orang dengan 50.000 lebih file.

Meski banyak file yang menarik dan mungkin dibutuhkan tapi banyak orang yang belum mengetahui cara download file di Scribd. Sedangkan untuk melakukannya Anda harus login dan berlangganan atau mengunggah sebuah dokumen.

Jika Anda berlangganan maka Anda bebas mengunduh file yang diunggah selama periode berlangganan.

Namun apabila Anda memilih menjadi pengguna biasa tanpa membayar Anda harus mengunggah satu dokumen untuk mengunduh satu dokumen juga. Tentu hal ini cukup merepotkan.

Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan berbagi bagaimana cara download scribd tanpa perlu login dan berlangganan. Simak berikut ini.

Baca juga: Cara Download Gambar di Google agar Tidak Pecah

Cara Download File di Scribd Tanpa Login

Metode paling mudah untuk download di Scribd adalah dengan situs Scribd downloader karena Anda tidak perlu login dan gratis. Ada beberapa situs Scribd downloader yang populer, beberapa di antaranya telah kami tulis beserta tutorialnya sebagai berikut.

1. DLSCRIB.com

Cara pertama yang bisa kita gunakan unduk download file di Scribd adalah memanfaatkan situs Scribd downloader yang bernama DLSCRIB.com. Situs ini mudah digunakan, cepat, dan aman dari virus sama seperti maksud dari taglinenya yang berbunyi “Document Sharing Free Instantly“.

Cara download file di Scribd tanpa login:

  1. Pertama buka browser yang ada di perangkat Anda.
  2. Kemudian cari file dokumen yang ingin Anda unduh dan copy alamat URL (link) dari file tersebut.

    Scribd com

  3. Selanjutnya tab baru di browser Anda dan kunjungi situs dlscrib.com.
  4. Lalu paste link yang tadi sudah dicopy di kotak Document Url.DLSCRIB
  5. Centang kotak disamping tulisan “By using this tool, you are agreeing to the disclaimer and you agree not to hold us for any liability”.
  6. Kemudian klik Generate Download Link.
  7. Centang pada reCAPTCHA untuk verifikasi, kemudian klik DOWNLOAD PDF.DLSCRIB2
  8. Terakhir pilih format dokumen yang ingin Anda download, klik dan tunggu download selesai.DLSCRIB3

2. DocDownloader.com

Cara kedua yaitu menggunakan situs Scribd downloader yang bernama DocDownloader. Situs ini sama bagusnya dengan DLScrib, bahkan Anda bisa menggunakan situs ini untuk download dokumen dari situs lain seperti Academia, ISSUU, dan Slideshare.

Cara download file gratis di scribd:

  1. Pertama cari dokumen yang ingin Anda download dari situs Scribd, kemudian copy URL.
  2. Selanjutnya buka situs https://docdownloader.com/ dan setelah terbuka pastikan Anda sudah berada di opsi SCRIBD DOWNLOADER.
  3. Paste link dokumen dari Scribd yang sudah anda salin tadi di kolom yang tersedia lalu klik tombol Get Link.Doc Downloader
     
  4. Jika sudah centang kotak di samping tulisan I am human lalu klik Download PDF.Doc Downloader 2
     
  5. Terakhir klik Download PDF… beserta ukuran file dokumen yang akan Anda download jika Anda menginginkan format PDF. Jika tidak bisa pilih format lain seperti DOCX atau PPTX.Doc Downloader 3
     
  6. Selesai, sekarang tinggal tunggu proses donwload dan buka file tersebut.

3. AutoGenerateLink.info

Cara yang ketiga Anda dapat menggunakan situs AutoGenerateLink.info. Situs ini juga mudah digunakan seperti situs Scribd downloader lainnya. Di situs ini Anda juga bisa download file dari banyak situs seperti Youtube, SoundCloud, ZippyShare, dan masih banyak lagi.

Cara download scribd tanpa login via AutoGenerateLink:

  1. Pertama, cari dokumen di Scribd dan salin URL.
  2. Buka situs autogeneratelink.info.
  3. Selanjutnya paste URL yang tadi sudah dicopy ke kolom yang tersedia dan klik Generate.
  4. Tunggu hingga proses selesai, kemudian klik Download.
  5. Simpan ke folder PC yang Anda inginkan. 
  6. Terakhir tunggu hingga proses download selesai.

4. SCRDownloader.com

Alternatif web lain yang bisa digunakan untuk download file Scribd yaitu SCRdownloader. Situs ini sama seperti situs lainnya dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh pengguna.

Selain download Scribd, situs ini juga dapat Anda gunakan untuk download file dari Academia, Youtube, dan situs lainnya.

  1. Buka browser Anda (Chrome/Firefox/Edge/lainnya).
  2. Kunjungi situs Scribd.com dan cari file dokumen yang ingin Anda download.
  3. Jika sudah salin link dari dokumen tersebut.
  4. Buka tab baru dan kunjungi situs scrdownloader.com.
  5. Tempelkan link yang sudah disalin.
  6. Lalu klik tombol Get Link.
  7. Klik Download dan tunggu hingga proses selesai.

Situs Scribd Downloader

Selain di atas, masih ada banyak situs Scribd downloader yang bisa Anda gunakan. Caranya hampir sama, hanya saja kami belum bisa memberikan tutorialnya secara detail untuk setiap situs.

Berikut daftar situs link downloader yang bisa Anda coba.

  • scribddownloader.org
  • scribddown.com
  • downscribd.com
  • scribfull.com
  • scribd.pdf-download.net

Tips: Anda bisa mencari situs Scribd Downloader lainnya dengan mengetikkan kata kunci “Scribd Downloader” pada mesin pencari seperti Google.

Catatan Penting

  • Saat ini situs autogeneralink.info dan SCRdownloader sedang tidak dapat dipakai. Silahkan gunakan metode yang lain.
  • Cara di atas yang menggunakan situs Scribd downloader hanya bisa digunakan untuk download file berupa dokumen saja (buku, audiobook, presentasi, dll tidak bisa).

Download File di Scribd dengan Login

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah memanfaatkan berlangganan (trial) secara gratis yang diberikan oleh Scribd selama 30 hari. Selanjutnya jika masa itu habis Anda bisa memutuskan sendiri untuk terus berlangganan (membayar) atau tidak.

Meskipun sedikit lebih ribet dan tidak bisa gratis seterusnya tapi cara ini sangat membantu apabila metode sebelumnya yang menggunakan situs Scribd downloader tidak bisa digunakan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama buka browser Anda dan kunjungi website Scribd.com.
  2. Cari file yang ingin Anda download.
  3. Jika sudah ketemu, klik Download yang berada di bawah deskripsi dokumen.
  4. Kemudian Anda akan diarahkan untuk login. Silahkan daftar terlebih dahulu jika Anda belum punya akun Scribd. Anda juga bisa login menggunakan akun Facebook jika ingin lebih mudah.
  5. Selanjutnya Anda akan diberi penawaran untuk berlangganan, tetapi untuk akun baru biasanya akan tersedia opsi gratis selama satu bulan pertama. Manfaatkan penawaran tersebut dan silahkan batalkan berlangganan jika Anda tidak ingin berlangganan setelah satu bulan.
  6. Klik tulisan Start Yout Free Trial.
  7. Sekarang Anda tinggal melanjutkan aktivitas download file Scribd lagi tanpa ribet.

Download File di Scribd GRATIS dengan Aplikasi

Saat ini Scribd sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di Android dan iOS sehingga memudahkan Anda untuk download file dokumen yang ada di sana. Sebelum melakukannya Anda harus download dan install aplikasi Scribd tersebut di ponsel Anda.

SIlahkan cari aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store dengan mengetikkan Scribd. Jika ingin lebih mudah Anda bisa download melalui link yang kami berikan di bawah.

Baca juga: Cara Download Video dari YouTube ke Galeri tanpa Aplikasi

Perlu anda ketahui sebenarnya cara download file di Scribd di atas hanya alternatif saja, karena memang bukan resmi dari situs tersebut. Jika ingin mengunakan cara yang sesuai ketentuan dengan mendaftar dan mengupload file saya sarankan untuk membuat file dalam bentuk dokumen (.docx) di Microsoft Word.

Jika sudah berhasil melakukan download file PDF dari situs tersebut dan ingin mengeditnya anda juga bisa mengubahnya ke file dengan format .docx terlebih dahulu yang bisa anda buka dan edit. Cara convert sudah saya tulis pada artikel Cara Membuka File PDF di Microsoft Word.

Mungkin sekian dulu artikel tentang cara download file di Scribd kali ini. Semoga bisa membantu Anda. Jangan lupa bagikan juga ke teman agar banyak yang tahu. Terima kasih.

Blogger sejak tahun 2013. Berpengalaman dalam menulis artikel tutorial dan informasi tentang teknologi, aplikasi Android, dan Windows seperti WhatsApp, Instagram, serta Mobile Legends.

Tinggalkan komentar