Fauzan Seorang mahasiswa DKV, Web Developer, dan SEO Enthusiast yang sudah lama dekat dengan dunia teknologi

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu 100% Akurat (UPDATE)

3 min read

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara cek HP Samsung asli atau palsu menjadi salah satu tutorial yang sering dicari, khususnya oleh seorang calon pembeli atau anda yang baru saja membeli smartphone merk tersebut.

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Teknologi bahkan menjadi hal yang paling berpengaruh dalam setiap kegiatan masyarakat saat ini.

Perkembangan teknologi juga membuat perkembangan smartphone di Indonesia. Banyak smartphone yang cukup diminati oleh mayoritas masyarakat.

Salah satu merk yang banyak digunakan ialah Samsung. Merk ini sangat berkembang pesat di Indonesia.

Perkembangannya ditandai dengan banyaknya pengguna merk ini serta beragamnya tipe ponsel tersebut. Samsung memang telah dikenal oleh orang Indonesia sejak lama.

Sebelum teknologi smartphone berkembang seperti sekarang ini, Samsung telah memiliki pasar sendiri di Indonesia. Namanya semakin pesat seiring berkembangnya teknologi smartphone. Contohnya Samsung J2 prime.

Baca juga: 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Saat Browsing di Android

HP Samsung memiliki jenis dan fitur yang canggih. Ciri khas dari HP ini ialah kekuatan baterai serta kekuatan mesinnya yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan merk lainnya.

Hal itulah yang membuat orang memilih merk ini. Sebagian besar ponsel saat ini memiliki fitur yang canggih namun kekuatan ponselnya tidak sekuat Samsung.

Karena banyak orang yang memilih ponsel Samsung asli 2019, beberapa oknum sampai membuat ponsel bertuliskan merk yang sama namun kualitas yang berbeda.

Banyak smartphone Samsung KW atau replika yang memiliki tampilan luar yang sama namun hardware-nya berbeda. Biasanya mereka akan menjual Samsung KW tersebut di situs jual beli online.

Setelah membaca sepenggal artikel ini, mungkin Anda akan langsung bertanya HP Anda HP Samsung asli atau palsu?.

Anda mungkin cukup resah dengan berita adanya HP Samsung palsu. Padahal merk ini merupakan merk ternama dengan kualitas yang tidak tertandingi. Namun tetap saja bisa dipalsukan.

Sebagai pengguna HP Samsung Anda perlu mengetahui bagaimana cara cek handphone Samsung tersebut. Sepintas hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh para ahli dibidangnya.

Hal itu perlu dilakukan sebelum membeli salah satu ponsel tersebut. Sebab, para oknum bahkan bisa menjualnya di tempat yang sering dikunjungi banyak orang.

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

Anda bisa melakukan beberapa cara memeriksa HP Samsung yang asli atau palsu. Berikut beberapa cara memeriksa keaslian HP Samsung tersebut.

Menggunakan LCD Test

Jika Anda sudah terlanjur membeli ponsel baru tapi masih ragu dengan keasliannya, maka Anda bisa menggunakan LCD test. Penggunaannya cukup mudah untuk dilakukan. Anda tidak memerlukan bantuan orang yang ahli di bidang ponsel. Anda bisa melakukannya sendiri dengan menekan beberapa kode pada papan nomor panggilan.

Anda bisa memeriksa HP Samsung asli atau palsu dengan menuliskan *#0*# pada layar panggilan. Setelah itu sambungkan kode tersebut. Nantinya akan muncul LCD test untuk memeriksa keaslian HP tersebut. Dari LCD test ini, Anda dapat memperoleh informasi seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Anda bisa melihat spesifikasi yang tertera di ponsel. HP Samsung yang asli memiliki spesifikasi khusus yang mungkin tidak bisa dibuat pada Samsung palsu. Biasanya Anda dapat melihatnya pada kotak ponsel. Akan tetapi, Anda juga sebenarnya dapat melihat langsung pada ponsel mengenai spesifikasinya.

Anda hanya perlu mengetik kode cara cek HP Samsung normal yaitu *#*#4636#*#* hingga layar LCD menampilkan spesifikasi yang ada pada handphone Anda. Cara mengetahuinya cukup sederhana. Jika ponsel yang Anda miliki ternyata palsu ataupun rekondisi maka spesifikasi ini tidak akan muncul. Sedangkan pada yang asli spesifikasi ini akan otomatis muncul.

Cek Nomor IMEI

Cara mengecek HP Samsung asli lainnya ialah dengan mengecek kesamaan nomor IMEI yang ada pada box ponsel dengan tampilan di layar ponsel Anda. Cara mengecek HP Samsung asli atau palsu cukup mudah. Anda hanya perlu mengetik *#06# pada tombol telepon. Setelah itu, layar akan menampilkan kode unik IMEI pada ponsel. Cocokkan kode IMEI yang ada pada layar dan juga pada dus.

Bila kode tersebut tidak sama itu artinya HP Anda tidak asli. Jika Anda sudah mengetahui nomor IMEI pada ponsel, Anda bisa mengecek info mengenai tipe ponsel dengan mengunjungi situs IMEI.info. Hal ini tentu saja perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ponsel pintar Anda benar-benar asli atau tidak.

Ketikkan nomor IMEI yang sebelumnya tertera pada layar ponsel di kolom nomor IMEI saat Anda mengunjungi website tersebut. Setelah itu contreng pada tulisan “I’m not a robot” lalu klik check. Apabila website tersebut menampilkan info mengenai ponsel beserta nama brand yaitu Samsung, maka HP yang Anda miliki itu asli.

Baca juga: Cara Scroll Otomatis Layar HP Android Tanpa Root

Samsung Kies

Cara memeriksa apakah HP Samsung asli atau palsu, Anda dapat menggunakan Samsung Kies. Software ini memang jarang terdengar dan diketahui oleh kebanyakan orang.

ernyata software ini bisa mengecek keaslian HP Samsung yang Anda miliki. Software ini merupakan software resmi milik Samsung yang harus terpasang terlebih dahulu pada PC ataupun laptop.

Jika software sudah terinstal di PC ataupun laptop, Anda hanya perlu menghubungkan smartphone yang Anda miliki pada PC atau pun laptop menggunakan kabel data.

Pada layar PC atau laptop nantinya akan menampilkan informasi bahwa ponsel Anda bisa terkoneksi dan terhubung. Hal itu menandakan bahwa ponsel yang Anda miliki memang asli.

Jika tidak bisa tersambung dengan laptop atau PC tersebut maka dipastikan HP tersebut merupakan HP palsu.

Mungkin pada awal pembelian Anda tidak memperhatikan ponsel tersebut bagus atau tidak.

Yang Anda lihat hanya merknya yaitu Samsung. Padahal, bisa jadi ponsel tersebut merupakan ponsel bekas yang di cover dengan merk Samsung.

Hal itu bisa Anda periksa saat menggunakan software ini.

Jika pada layar tidak ada informasi tersebut ataupun software ini tidak bisa membaca informasi bahwa ponsel sudah terkoneksi, maka smartphone Samsung yang Anda miliki saat ini bisa jadi palsu.

Jadi berhati-hatilah jangan sampai salah pilih.

Agar Anda tidak perlu melakukan cara cek HP Samsung normal atau tidak, terlebih dahulu Anda harus membeli HP tersebut di counter resmi Samsung.

Counter resmi sudah dipastikan tidak akan menerima HP yang palsu.

Sebab mereka sudah mengetahui kriteria HP yang asli sebelum dipasarkan kepada konsumen. HP Samsung asli atau tidak biasanya memiliki bentuk dan rupa yang sama.

Jika ingin lebih yakin, Anda bisa mencoba ketiga cara di atas. Karena, dipastikan hasilnya nanti akan lebih jelas dan akurat.

Misalnya, Anda ingin mengecek Samsung lipat asli atau tidak. Anda bisa menggunakan cara tersebut agar tidak salah pilih. Sebab, Anda bisa mengalami kerugian jika sudah salah memilih HP.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengecek HP Samsung asli atau palsu. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar bisa meminimalisir kerugian sedini mungkin.

Sebab, jika HP tersebut palsu maka dalam waktu dekat mungkin akan cepat rusak dan perlu diganti.

Atau kualitas Samsung yang disebutkan tadi tidak akan Anda dapatkan dengan mendapatkan HP Samsung yang palsu. Sebaiknya, antisipasi setiap kerugian sebelum Anda alami.

Fauzan Seorang mahasiswa DKV, Web Developer, dan SEO Enthusiast yang sudah lama dekat dengan dunia teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *