Cara Supaya Bisa Bangun Sahur Tanpa Kesiangan

Jam dengan alarm untuk bangun sahur

Bangun untuk sahur menjadi hal yang paling penting untuk seseorang saat akan melakukan puasa karena tanpa sahur kita tidak akan mendapatkan energi untuk melakukan aktifitas seperti hari-hari biasa pada siang harinya.

Seringkali kita melupakan hal-hal yang bisa menjadi penyebab orang kesiangan saat bangun, sehingga terpaksa harus puasa tanpa bekal makanan di dalam tubuh sejak pagi.

Padahal banyak sekali cara yang dapat dikatan sangat mudah agar kita tidak bangun kesiangan seperti beberapa yang saya tuliskan dibawah berikut ini.

Gunakan alarm

Yang pertama agar bangun sahur gak terlambat yaitu menyetel alarm, entah itu alarm dari jam maupun HP.

Kalau sekarang mungkin HP lebih sering digunakan, apalagi hampir semua ponsel saat ini dibekali alarm yang bahkan bisa diatur sendiri getaran, pengulangan, dan nada deringnya.

Letakkan gadget atau jam yang sudah disetel alarmnya dengan jarak sedekat mungkin tetapi juga jangan terlalu dekat dengan tubuh karena tidak baik, terutama bagi smartphone karena radiasinya.

Setiap sebelum tidur coba cek terlebih dahulu apakah alarm sudah aktif atau belum, usahakan gunakan suara dengan volume yang pas agar benar-benar ampuh buat bangunin kamu.

 Baca juga :  5 Manfaat Bersyukur Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Tidur lebih awal

Setelah menggunakan alarm selanjutnya agar bangun sahur lebih awal terjamin yaitu dengan tidur lebih awal juga.

Karena dengan tidur lebih awal maka tubuh akan lebih cepat juga untuk beristirahat sehingga saat pagi akan melakukan bangun untuk makan sahur sudah tidak lagi kelelahan atau mengantuk.

Jangan begadang, kecuali untuk melakukan hal yang bermanfaat seperti membaca Al-Qur’an.

Usahakan selalu tidur tidak terlalu larut seperti saat beberapa waktu setelah pulang tarawih atau tadarus dan sebagainya.

Jangan sampai kelelahan

Meskipun saat puasa biasanya aktifitas juga berkurang mengingat saat siang harus menahan lapar dan haus akan tetapi bukan tidak mungkin sebagian orang tetap melakukan keseharian seperti biasanya.

Contohnya saja olahraga saat sedang berpuasa.

Olahraga memang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita akan tetapi alangkah baiknya untuk mengurangi intensitas agar tidak merasa kelelahan nantinya.

Jangan juga untuk tidak berolahraga karena tubuh akan lebih mudah merasa lelah dan tidak mempunyai kekuatan.

Sebenarnya tips yang kedua ini bukan hanya saat untuk bangun sahur saja, tetapi setiap hari jika memang ingin bangun pagi usahakan sebelumnya tidak merasa kelelahan.

 Baca juga :  Beberapa Hal Sepele yang Ternyata Dapat Membatalkan Puasa

Niat dan Berdo’a

Apalah arti sebuah usaha tanpa do’a.

Mungkin saja dalam beberapa hal memang kita merasa mampu, padahal dengan berdo’a maka akan dimudahkan untuk mencapai apa yang kita inginkan, termasuk dalam bangun sahur.

Meski terbilang bangun tidur itu hal kecil akan tetapi saya rasa kita perlu meniatkan dan berdoa terlebih dahulu sebelum tidur jika ingin benar-benar bangun pada waktu tertentu.

Cara ini bisa dibilang sangat ampuh, selain karena bantuan dari do’a pikiran kita setelah melakukan niat untuk sahur akan membuat kita lebih semangat untuk bangun pada jam itu.

Minta tolong orang lain

Yang paling akhir atau bisa dibilang kalau alternatif karena mungkin dapat dikatakan cara ini kurang bisa menunjukkan bahwa kita seorang yang mandiri.

Namun disamping itu cara bangun sahur dengan bantuan orang lain sangatlah efektif.

Kita tinggal meminta tolong keluarga, teman, atau saudara kalau bisa yang serumah dan biasanya bangun paling awal untuk membangunkan kita.

Dengan begitu kamu mau tidak mau pasti akan semangat untuk bangun dan makan sahur.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar