5 Bidang Manajemen dalam Organisasi Lengkap dengan Penjelasan

Bidang Manajemen dalam Organisasi – Memiliki hasrat sejati untuk bisnis yang anda kelola penting sekali untuk menentukan kesuksesan anda. Tetapi semangat saja tidak cukup. Anda juga membutuhkan keterampilan bisnis inti untuk membuat organisasi anda dengan benar dan bertahan dalam jangka panjang.

Anda perlu memahami perencanaan bisnis, strategi, keuangan, dan pemasaran. Singkatnya, memulai dan mengelola bisnis membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis.

Jika anda berencana untuk mempekerjakan orang untuk membantu menjalankan perusahaan atau organisasi, anda memerlukan keterampilan komunikasi, keterampilan kepemimpinan, dan pemahaman tentang bagaimana memotivasi dan memberi penghargaan kepada karyawan.

Nah, berikut ini pengetahuan tentang 5 bidang manajemen dalam bidang organisasi yang perlu anda ketahui demi kemajuan organisasi anda!

Baca juga: Manfaat Warehouse Management System (WMS)

5 Bidang Manajemen Dalam Bidang Organisasi

Terdapat 5 bidang manajemen utama yang harus ada dalam organisasi anda, terutama organisasi manajemen bisnis. Inilah penjelasannya.

1. Manajemen Produksi

Ketika memulai suatu organisasi atau bisnis, anda harus mempunyai objek yang dijalankan. Ketika sudah ada objek tersebut, anda harus mengembangkannya atau memikirkan cara bagaimana menghasilkannya.
Sehingga, nantinya bisa memberikan keuntungan bagi anda. Oleh karena itu, dalam sebuah organisasi, mempunyai manajemen produksi yang bagus adalah suatu keharusan.
Sebab, tanpa adanya barang atau jasa yang dibuat, anda tidak akan bisa menjalankan bisnis. Kemampuan tim manajemen produksi anda harus mampu memberikan barang yang baik, sehingga memiliki nilai jual.

2. Manajemen Personalia

Sumber daya manusia adalah aset terbesar suatu organisasi atau perusahaan. Bagaimana anda memimpin, memotivasi, dan menginspirasi karyawan anda dapat memiliki dampak besar pada keberhasilan perusahaan anda.
Dalam People Management, mempelajari keterampilan kepemimpinan dan komunikasi utama yang anda butuhkan untuk menjadi pemimpin yang sukses dan membangun organisasi yang kuat.
Jika manajemen personalia bagus, maka karyawan atau staf bisa dikelola dengan baik. Lalu, mereka akan bisa memberikan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk perusahaan. Manajemen personalia sangat menentukan bagaimana kinerja sumber daya manusia di perusahaan.

3. Manajemen Operasional

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di balik layar peluncuran produk baru utama seperti iPhone baru atau versi terbaru dari permainan video populer? Mengelola rantai pasokan dan memastikan produksi memenuhi permintaan di bawah tenggat waktu yang ketat bisa sangat rumit dan sangat penting untuk kesuksesan bisnis.
Dalam Manajemen Operasional, anda akan mengeksplorasi aspek-aspek kunci dari operasi bisnis termasuk perencanaan kapasitas, analisis dan peningkatan produktivitas, jaminan kualitas dan konsep lean management.
Pelajari tentang alat dan teknik untuk mengelola kualitas, menghitung jangka waktu untuk operasional dan mengatur serta mengkonfigurasi berbagai komponen rantai pasokan produk.

4. Akuntansi

Berikutnya adalah manajemen akuntansi. Dalam kehidupan perusahaan sehari-hari pastilah ada keluar masuknya uang.  Keuangan bisnis yang benar sangat penting untuk operasi.
Dalam Akuntansi untuk pengambilan keputusan, pelajari tentang organisasi bisnis yang berbeda dan peran akuntansi di masing-masing. Sehingga, nantinya keuangan perusahaan bisa terorganisir dengan baik.
Anda juga akan belajar membaca, menganalisis, dan menyiapkan laporan keuangan, keterampilan penting jika Anda berencana untuk memulai atau menjalankan bisnis.
Bagian terpenting dalam keuangan adalah manajemen akuntansi mampu menghindari kebocoran keuangan agar tidak merugikan perusahaan. Selain tentang akuntansi, manajemen keuangan perusahaan juga penting.
Pertumbuhan dan pemeliharaan bisnis anda mungkin memerlukan pembelian, investasi, merger dan akuisisi besar-besaran dan banyak lagi.
Perencanaan keuangan yang cerdas dan pengambilan keputusan menciptakan nilai bagi organisasi anda dan memastikan pertumbuhannya di masa depan.
Dalam Keuangan Korporat, pelajari alat dan teknik yang digunakan manajer untuk mengelola modal dan memaksimalkan nilai bisnis.
Manajamen akuntansi dan keuangan wajib dibawa oleh orang-orang yang jujur, mahir dalam menghitung keuangan dan paham akan mengelola keuangan suatu organisasi. Jika anda mempekerjakan seorang akuntan, pastikan dia mempunyai semua kemampuan tersebut.

Baca juga: Pengertian Aktiva Adalah: Aktiva Tetap, Aktiva Tetap Tak Berwujud, dan Aktiva Lancar

5. Manajemen Strategi

Selanjutnya, bidang manajemen dalam bidang organisasi yang penting adalah manajemen strategi.
Bagaimana bisnis anda bersaing di industri? Bagaimana anda bisa menciptakan keunggulan kompetitif? Apakah anda dapat beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang berubah?
Kemampuan untuk mengambil pandangan strategis tingkat tinggi dari suatu bisnis diperlukan untuk mengidentifikasi peluang.
Serta untuk tetap unggul dari kekuatan eksternal seperti persaingan baru dan permintaan konsumen yang berubah.
Dalam Manajemen Strategis, anda akan belajar bagaimana mengembangkan strategi bisnis termasuk menganalisis persaingan dan mengidentifikasi cara-cara agar bisnis anda mendapatkan keunggulan kompetitif.
Manajamen strategi inilah yang membuat perusahaan bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Pemasaran

Pemasaran lebih dari sekadar mengiklankan produk atau layanan. Anda harus mengidentifikasi dan berinteraksi dengan pelanggan anda, tetap di atas perubahan kebutuhan dan keinginan mereka dan memberikan proposisi nilai yang kuat.
Dalam Manajemen Pemasaran, anda akan mempelajari konsep inti pemasaran termasuk segmentasi, penargetan, diferensiasi, penentuan posisi produk, dan banyak lagi.
Rencana bisnis dunia nyata akan digunakan untuk mempelajari tentang berbagai strategi pemasaran dan alat untuk menganalisis dan menemukan peluang.
Manajemen pemasaran mesti dipegang oleh orang-orang yang bisa menjalin komunikasi yang baik pada semua elemen target penjualan. Sehingga, mereka mampu mendatangkan banyak konsumen atau customer bagi perusahaan.
Terlebih pemasaran di era digital ini, tidak hanya sekedar berkomunikasi saja melainkan juga memanfaatkan teknologi seperti media sosial. Selain itu, keahlian digital marketing juga harus dimiliki oleh manajemen pemasaran.

Penutup

Itulah 5 bidang manajemen dalam bidang organisasi yang penting untuk diketahui. Setiap manajemen menetukan kemajuan maupun kemunduran perusahaan.
Bila masing-masing manajemen dikelola oleh orang-orang yang handal dalam bidangnya, maka tujuan organisasi akan terpenuhi.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar