Manfaat Bersyukur dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat bersyukur dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Bahkan bersyukur bisa menjadi salah satu perilaku paling penting dalam hidup ini.

Definisi dari bersyukur adalah suatu rasa puas atau berterima kasih terhadap tuhan atas apa yang diberikan kepada kita.

Sebagian besar orang pasti akan bersyukur hanya pada saat tertentu saja, umunya saat sedang berbahagia seperti mendapat rezeki, selamat dari maut, dan lain sebagainya.

Bahkan hampir dalam semua kondisi sebenarnya bisa kita syukuri, termasuk saat sedang diuji. Saat itu juga Anda akan ditangguhkan jika bisa memaknai kejadian dengan benar.

Selain itu dengan bersyukur kita akan selalu mendapat manfaat seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Manfaat Bersyukur dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah manfaat bersyukur dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda buktikan sendiri.

1. Hidup dalam kebahagiaan

Tidak mengeluh dan menerima apa yang telah Allah SWT berikan pasti menjadikan manusia yang sedang menjalani kehidupan terasa lebih menyenangkan.

Hal ini disebabkan karena di dalam hidup merasa tidak ada beban meskipun sebenarnya dia sedang memiliki banyak masalah. Orang yang bersyukur tidak pernah akan merasa kekurangan.

Karena itulah kita akan bahagia karena merasa apa yang telah kita dapatkan itulah yang kita yakini adalah terbaik untuk kita.

2. Ditambahkan nikmat

Manusia yang mau berusaha untuk mengucap syukur bagaimanapun kondisinya maka Allah akan memberikan tambahan nikmat kepadanya.

Sebaliknya, orang yang dalam hidupnya hanya digunakan untuk mengeluh dan merasa iri dengan kehidupan orang lain maka dalam hidup dia akan menjadi lebih menderita.

Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7.

3. Memiliki wibawa di mata orang lain

Setiap orang yang bersyukur pasti akan merasa bahagia dan imbas dari kebahagiaan itu adalah memiliki wajah yang terlihat selalu senang (tersenyum).

Mereka yang tersenyum itulah yang menjadikan orang lain senang melihatnya serta akan lebih dihormati oleh orang lain.

4. Meningkatkan kesejahteraan hidup

Orang yang mau bersyukur kebanyakan pikiranya juga selalu positif (tidak su’udzon).

Sekalipun dia dalam keadaan sedih tetapi akan senantiasa percaya kepada Allah.

Dia akan menjalani hidup tanpa merasa kurang sehingga semua itu dapat menjadikan berkah untuknya.

Journal of Personality and Social Psychology tahun 2013 menjelaskan hal tersebut dengan mengatakan mengatakan kurang lebih seperti berikut.

Sering bersyukur bisa meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang.

5. Hidup lebih sehat

Manfaat bersyukur yang ke lima adalah membuat hidup lebih sehat.

Banyak sekali manfaat yang menjadikan manusia lebih sehat hanya karena bersyukur. Karena bersyukur ternyata dapat membuat seseorang lebih awet muda, lebih rupawan dan terhindar dari penyakit hati.

Jika kamu mau mendapatkan manfaat agar hidupmu lebih sehat maka bersyukurlah.

Diatas adalah 5 manfaat dari bersyukur.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh karena bersyukur untuk kehidupan, akan tetapi diatas adalah beberapa yang menurut saya paling utama.

Semoga artikel ini bisa memberikan motivasi untuk selalu bersyukur agar mendapat manfaat.

Terima kasih.

Share:

Penulis di Ngeneki.com. Memiliki pengalaman dalam berbagai bidang terkait industri kreatif seperti media sosial, desain, dan esports. Telah berpengalaman menjadi content creator sejak tahun 2013 di berbagai platform. Jika ada pertanyaan silakan hubungi saya melalui fauzannn166@gmail.com