5 Pekerjaan yang Cocok untuk Anak Kuliah dan Bisa Dilakukan Secara Online

5 Pekerjaan yang Cocok untuk Anak Kuliah dan Bisa Dilakukan Secara Online

Ngeneki.com – Pekerjaan yang Cocok untuk Anak Kuliah Secara Online, Sudah seperti turun-terumurun para mahasiswa banyak yang mencari pekerjaan sampingan. Hal ini dilakukan demi bisa menambah uang saku mereka serta mengisi waktu luang disela-sela jadwal kuliah.

Memang, apa yang dilakukan ini sangatlah bagus. Lumayan kan apabila waktu kosong bisa dimanfaatkan untuk hal positif yaitu bekerja.

Daripada digunakan untuk bersenang-senang atau bermalas-malasan yang justru tidak mehasilkan apa-apa. Selain itu bekerja di saat masih duduk di bangku kuliah juga bisa menambah pengalaman anda.

Sehingga nanti di saat sudah lulus wisuda anda minimal sudah pernah merasakan bagaimana rasanya bekerja. Jadi anda juga akan lebih siap untuk bekerja sesuai dengan yang anda cita-citakan.

Tetapi sayangnya banyak para mahasiswa yang kuliah ingin pekerjaan yang ringan, nyantai, dan memilih jadwalnya sendiri. Dan mereka sulit menemukan itu karena belum tahu.

Oleh sebab itu saya di sini membertahukan kepada anda apa saja pekerjaan sampingan yang cocok untuk anak kuliah. Lebih kerennya lagi profesi ini nantinya dilakukan melalui online. Jadi anda bisa mengatur jadwal anda sendiri.

Baca dengan seksama agar anda bisa benar-benar paham dan menemukan mana yang paling cocok. Berikut in adalah 5 pekerjaan yang cocok untuk anak kuliah dan bisa dilakukan secara online.

1. Blogger

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu dengan yang satu ini. Ya ini adalah orang-orang yang mempunyai situs atau website.

Sama halnya dengan saya saat ini. Saya membangun blog ngeneki.com juga untuk mengisi waktu luang dan mencari receh demi receh. Disamping itu saya juga mengasah kemampuan untuk menulis dan desain.

Maka dari itu konten yang ada pada blog ini berupa artikel-artikel.

Sedangkan untuk gambarnya sendiri saya juga mengusahakan sebisa mungkin original. Kemudian saya busa mendapatkan oenghasilan dari AdSense yang ditautkan ke blog ini.

Walaupun sebenarnya banyak jalan untuk mendapat penghasilan dari blog, namun Google AdSense adalah pilihan yang paling umum.

Apabila anda tidak mau dengan cara itu, maka anda bisa mencari dengan melakukan review produk, tempat, maupun jasa dengan menulis dan melakukan kerja sama.

Namun perlu diingat, membuat dan membangun sebuah blog juga tidak bisa dibilang mudah. Apalagi jika ingin membuat blog yang bisa menghasilkan.

Anda harus membuatnya secara profesional. Dan itu juga tidak bisa instan.

Anda harus paham banyak hal juga. Mulai dari memilih platform yang cocok, bagaimana cara mengisi konten yang benar, membuat tampilan yang bagus, dan lain sebagainya.

Saya sendiri perlu waktu bertahun-tahun untuk mempelajari. Membuat banyak blog, hingga pada akhirnya fokus pada beberapa blog saja termasuk ini.

Tetapi jangan khawatir. Anda bisa sangat cepat jika memang mempunyai semangat dan mau melakukan dengan sungguh-sungguh.

Tidak lupa juga saya siap membantu anda apabila mengalami kesulitan. Karena saya sendiri juga berkecimpung di dunia ini.

Silahkan kontak saya melalui halaman yang tersedia. Saya akan membantu semaksimal mungkin secara gratis.

2. Youtuber

Belakangan profesi yang satu ini amat sangat populer di berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang tua berlomba-lomba membuat konten video yang menarik untuk diunggah di Youtube.

Hampir sama seperti blogger, caranya bisa dibilang gampang-gampang susah. Dalam membuat konten anda harus benar-benar paham dengan konten yang anda buat.

Selain itu di Youtube anda kemungkinan harus mempunyai keterampilan mengedit video, berbicara (agar video lebih menarik), kamera (jika ingin lebih profesional), aplikasi edit foto, dan koneksi yang memungkinkan.

Karena ukuran video itu tidak bisa dibilang kecil meskipun semua tergantung isi dan durasi.

Selain itu dalam proses pembuatanya juga cukup memakan waktu dan tempat. Itulah alasannya kenapa saya lebih memilih blogger.

Tetapi bagi anda yang memang berkeinginan, menjadi seorang Youtubers sangatlah menjanjikan untuk sekarang ini.

Meski syarat mendapatkan AdSense tidak juga mudah, tetapi hasilnya bisa lebih besar dan cepat jika dibandingkan profesi yang lain.

Apalagi jika anda adalah orang yang jago ngomong. Pasti chanel anda akan cepat mendapatkan banyak subcriber. Jika tidak, pilihlah konten yang cocok dengan kemampuan anda lalu lakukan uodate video secara konsisten.

Terbukti banyak juga teman-teman saya yang sudah bisa menghasilkan. Untuk bukti yang lebih lihatlah Youtube dengan subcriber terbanyak di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara yaitu Atta Halilintar.

Berkat kegigihanya dia berhasil diamond play button (penghargaan tertinggi secara langsung dari Youtube) saat subcribernya berhasil mencapai 10 juta.

Itu semua karena dia rajin dan konsisten untuk membuat video setiap hari dalam setahun bahkan lebih. Sekarang hidupnya sudah sangat nyaman meskilun kita menyampingkan statusnya sebagai pengusaha.

Bahkan jika saat ini dia tidak membuat video sekalipun masih bisa mendapat ratusan juta hingga milyaran setiap bulannya.

Selain Atta, sekarang ini sudah banyak artis yang membuat chanel pribadi di Youtube karena dianggap lebih menjanjikan.

Tidak ketinggalan juga perusahaan-perusahaan besar sudah mulai ikut bercampur di dunia Youtube. So, sekarang saatnya kamu juga!.

3. Freelancer

Freelancer merupakan pekerjaan yang visa anda lakukan secara online. Biasanya dengan mengambil job dari sebuah proyek di situs-situs untuk freelance.

Nanti kamu bisa memilih sendiri pekerjaan apa yang ingin kamu dapatkan. Serta menentukan jam kerja dengambil waktu yang sesuai sehingga sangat cocok mahasiswa yang sedang kuliah.

Tetapi perlu diingat untuk menjadi seorang freelancer diperlukan kemampuan yang cukup. Sehingga anda bisa bekerja secara profesional.

Pekerjaan ini lebih cocok untuk anda yang punya bakat di bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan di situs freelance.

Adapun job yang sering saya temui di situs freelance adalah sebagai berikut.

Designer

Desainer di sini masih terpecah lagi kedalam beberapa kategori. Namun yang paling sering saya temui yaitu desainer grafis.

Banyak perusahaan, proyek, serta start up baru yang membutuhkan jasa seorang desainer grafis. Mulai dari membuat logo, iklan (banner/spanduk) digital maupun offline, hingga inforgarfis untuk melengkapi suatu konten atau keterangan produk.

Jadi, buat anda mahasiswa yang mempunyai kemampuan di sini gak ada salahnya buat mencoba.

Content Writter

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari seorang penulis. Terutama media-media besar maupun yang baru saja memluai untuk mengembangkan namanya.

Bagi anda yang suka menulis dan mempunyai skill di bidang tersebut tetapi tidak ingin membuat blog atau situs sendiri ini adalah terobosan yang cukup menjanjikan.

Internet Marketers

Ini adalah bidang yang dikhususkan untuk melakukan penjualan (pemasaran) suatu produk atau jasa menggunakan internet.

Bagi anda yang berminat sebaiknya pelajari dulu cara dan startegi yang ada di dalamnya karena ini tidaklah mudah.

Tetapi jika memang mampun ini cocok banget buat mahasiswa yang cari kerja sampingan lalu mendapat uang saku tambahan karena rata-rata penghasilan orang yang bekerja di bidang ini lumayan.

SEO Specialist

SEO merupakan langkah optimasi dari suatu situs atau konten untuk mendapatkan rangking yang bagus. Seorang yang mempunyai kemampuan di sini dinamakan praktisi SEO (specialist). Biasa orang yang membutuhkan tenaga ini adalah pemilih sebuah website, produk, dan jasa.

Di atas ada empat jenis pekerjaan freelance. Sebenarnya masih banyak sekali pekerjaan di dunia freenlance khususnya untuk mahasiswa atau anak kuliah. Tetapi itulah yang paling sering saya temui.

Untuk mencari pekerjaan tersebut bisa menggunakan situs-situs di bawah ini.

  1. http://freelancer.com
  2. http://upwork.com
  3. https://www.sribulancer.com
  4. https://projects.co.id
Dan masih banyak lagi. Tentunya anda bisa memilih ingin yang global (minimal bisa bahasa Inggris) atau lokal (dalam negeri) sesuai keinginan anda.

4. Influencer

Influencer menurut saya yaitu seseorang yang bisa membuat orang lain terpengaruh atau mingikuti apa yang dia lakukan.

Biasanya ini ada di media sosial. Di Instagram sendiri bisa dikatakan seorang selebgram. Begitu juga di media sosial lainnya dengan julukannya masing-masing.

Yang jelas sebagai seorang influencer anda harus bisa mencari banyak followers. Sebanyak-banyaknya agar dilirik oleh sponsor.

Untuk buktinya saya mempunyai seorang teman satu komunitas yang berbasis teknologi, dia menjadi seorang influencer. Mempunyai banyak followers di Instagram akibat bermain aplikasi Tik Tok pada zamannya.

Sekarang dia mendapat berbagai tawaraan dari perusahaan maupun start up. Belakangan ini dia sedang bekerja sama dengan Like App (aplikasi hiburan berupa video berdurasi pendek sejenis Tik Tok).

Dia diminta untuk membuat video yang menghibur dan keren di aplikasi tersebut.

Sehingga pada akhirnya pengikut Instagram dan media sosial lainnya tadi ikut menggunakan aplikasi yang dia gunakan (bekerja sama).

5. Dropshiper

Banyak orang sukses yang sudah sukses akibat dari bermain di dalam dunia bisnis. Salah satu bisnis yang paling mudah dan tidak menghabiskan banyak modal serta waktu yaitu dropship.

Dropship merupakan sistem berjualan secara online yang dilakukan dengan cara menjual produk dari supplier ke pembeli tanpa harus mendapatkan barangnya terlebih dahulu.

Jadi di sini anda hanga mencari supplier dan buyer. Anda tidak perlu sibuk mengurus barang, packing, dan lain-lain. Karena nantinya setelah anda mendapst pelanggan anda hanya akan menerima uang, kemudian membeli kepada supplier dengan harga yang lebih murah.

Setelah itu supplier anda akan mengirimkan barang tersebut kepada pelanggan anda atas nama anda.

Banyak sekali situs dan pengusaha yang telah membuka lowongan dropship. Anda bisa menemukannya di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Olx, Lazada.

Anda juga dapat menemukan dari situs detalase, dropshipaja, atau bahkan mencari supplier di akun online shop yang ada di media sosial kemudian mengajaknya bekerja sama.

Itu dia lima pekerjaan yang menurut saya cocok untuk anda lakukan saat duduk di bangku kuliah. Semua itu bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan dan jadwal kegiatan anda masing-masing.

Jika memang tidak mampu mendapat apa yang diinginkan seperti gaji yang banyak lebih baik bersyukur saja.

Semua pekerjaan itu memang berbeda, dan setiap usaha yang sukses tidak bisa dibanngun dalam waktu yang singkat. Anda perlu perjuangan yang keras dan konsisten.

Percayalah, suatu saat apa yang akan anda lakukan tersebut akan terlihat juga hasilnya.

Tidak lupa juga jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lain, karena pekerjaan di atas sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan oleh anak yang kuliah saja. Melainkan semua orang bisa.

Mungkin ada saudara anda, keluarga, atau sahabat yang sedang tidak kuliah dan ingin mencari penghasilan di waktu yang luang.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar