5 Cara Mengirim File dari Komputer atau Laptop ke HP

 Cara Mengirim File dari Komputer atau Laptop ke HP

Cara Mengirim File dari Komputer atau Laptop ke HP – Di era seperti sekarang ini semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya file, entah itu di komputer, laptop, HP, maupun gadget lainnya. File sendiri adalah nama yang umum karena masih dikategorikan lagi menjadi banyak nama, format, serta kegunaan seperti foto, video, musik, dokumen, dan lain sebagainya.

Jika diumpakan menjadi benda berwujud, maka file ini adalah barang. Sedangkan yang namanya barang itu seharusnya bisa dibuat, digunakan, dan dipindah. Maka file juga demikian, hanya saja tidak mempunyai wujud fisik karena keberadaanya berada dalam perangkat.

2 Alasan kenapa seseorang mengirim file

Dalam beberapa kasus mungkin anda akan menginkan file ada pada perangkat yang berbeda, misal file di komputer ingin dipindah ke HP, ataupun sebaliknya. Berikut beberapa alasan atau latar belakang kenapa seseorang ingin mengirim file antar perangkat.

1. Ingin menggunakan file di perangkat lain

Alasan yang pertama bisa jadi karena ingin membuka file tersebut diperangkat yang berbeda. Misal saat anda punya foto di laptop, sedangkan di HP tidak ada, pasti akan mengambil langkah dengan mengirim file tersebut ke HP.

2. Membuat cadangan

Selain karena ingin membuka di perangkat yang berbeda, mungkin sebagian orang juga ingin melakukan duplikat terhadap file yang dikehendaki. Biasanya ini terkait dengan file yang penting agar jika di satu perangkat hilang, di perangkat yang lain masih ada.

Itu dia alasannya kenapa seseorang perlu mengirim file dari laptop ke HP atau sebaliknya. Mungkin masih ada alasan lain, tetapi tidak saya sebutkan. Karena memang semua tergantung kebutuhan masing-masing.

Tetapi sayangnya ternyata masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara mengirim file tersebut. Oleh sebab itu juga pada artikel ini saya akan memberitahukan bagaimana cara yang bisa dilakukan. Langsung saja simak berikut ini…

Cara kirim file dari komputer ke HP maupun sebaliknya

Ada lima cara yang akan saya bagikan di bawah ini untuk mengirim atau memindahkan file dari komputer ke HP. Semua bisa anda coba, atau pilih salah satu saja yang menurut anda paling mudah.

1. Menggunakan kabel data

Cara yang pertama bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan bantuan kabel data (USB). Ini merupakan cara yang paling umum sejak lama karena memang cukup mudah. Apalagi saat ini setiap ponsel sudah dibekali cas dengan kabel USB yang bisa dipisah. Sehingga anda tidak memerlukan kabel tambahan atau harus membelinya terlebih dahulu.

Berikut kira-kira langkah yang harus anda lakukan jika ingin mengirim file menggunakan kabel data.

Langkah-langkah:

  1. Tancapkan port micro dari kabel USB ke HP anda.
  2. Kemudian, masukkan USB ke perangkat komputer atau laptop anda.
  3. Jika HP anda Android, biasanya nanti akan ada pilihan di HP apakah mengisi daya atau transfer file, silahkan pilih saja transfer file.
  4. Tunggu hingga beberapa saat, buka file eksplorer di laptop. Selanjutnya anda dapat memindahkan file dari laptop atau komputer ke HP ataupun sebaliknya dengan melakukan copy atau cut.

2. Memakai card reader

Alternatif lain untuk mengirim file yang cukup mudah tanpa koneksi internet yaitu menggunakan card reader. Cara nomor dua ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai banyak perangkat dengan kartu memori, karena memang cara ini mengandkan sd card eksternal yang bisa dilepas. Oleh sebab itu maka juga akan menimbulkan kelebihan dan kekurangan seperti berikut.

Kelebihan:

  • Mudah prosesnya, Cepat dan ringkas.
  • Dapat digunakan untuk berbagai perangkat yang menggunakan memori. Jadi fungsi car reader bukan hanya untuk sd card micro saja maupun HP saja, bahkan untuk kamera atau gadget lain kemungkinan juga bisa.

Kekurangan:

  • Anda perlu membeli alat tersebut yang bernama card reader, karena setiap membeli perangkat apapun itu entah komputer, laptop, maupun HP tidak akan mendapat alat tersebut.
  • Memerlukan SD card, sehingga gadget yang tidak menggunakan kartu memori eksternal tidak bisa menggunakan cara ini.
Itu dia kelebihdan dan kekurangan apabila anda menggunakan cara nomor dua yaitu melalui card reader. Untuk langkahnya sendiri sangat mudah dan kurang lebih sebagai berikut.

Langkah-langkah:

  1. Jika anda ingin mengirim file dari HP ke perangkat lain pindah dulu file ke dalam memori internal, tetapi jika ingin mengirim dari komputer atau laptop ke HP abaikan, kemudian lepas dulu SD card dari HP anda, lalu masukkan ke dalam card reader.
  2. Setelah itu card reader di tancapkan ke port USB PC anda.
  3. Lalu buka melalui file explorer di PC.
  4. Lakukan pemindahan melalui copy paste maupun cut.

3. Melalui bluetetooth

Selanjutnya yaitu menggunakan bluetetooth. Iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini. Meski sekarang tidak sepopuler dulu, karena mengirim file sudah bisa melalui berbagai cara tetapi bukan berarti bluetetooh sudah tidak layak digunakan. Hanya saja mungkin memang memiliki kekurangan dan kelebihan juga sebagaimana berikut ini.

Kelebihan:

  • Tidak terlalu ribet dan nyaris setiap perangkat mempunyai fitur ini.

Kekurangan

  • Masih ada beberapa gadget yang tidak mempunyai fitur ini, terutama untuk komputer dan laptop.
  • Proses pengiriman yang sekarang ini terasa lama, karena banyak cara lain yang bisa mengirim file dengan kecepatan lebih baik.
Sedangkan untuk caranya tidak semua gadget sama, terutama untuk PC. Karena masing-masing versi berbeda. Tetapi saya juga akan memberitahukannya cara melalui Windows 8. Sebab memang versi tersebut dari laptop saya yang saat ini saya gunakan.

Langkah-langkah mengirim file dari laptop ke HP (Windows 8)

  1. Nyalakan bluetetooth pada HP kalian.
  2. Pada laptop, silahkan klik ikon bluetetooth di bagian pojok kanan bawah. Kemudian klik “Send a File“.
     Cara Mengirim File dari Komputer atau Laptop ke HP
  3. Silahkan pencet nama perangkat HP anda, kemudian klik Next.
  4. Jika sudah pilih file yang ingin dikirim dengan klik “Browse“, lalu klik tombol Next lagi dan tunggu hingga finish.

4. Melalui SHAREit

Cara selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketigayang bernama SHAREit. Aplikasi ini sebenarnya dahulu adalah bawaan untuk HP Android Lenovo, tetapi sekarang sudah bebas dan eksis digunakan oleh ponsel Android lainnya. Bahkan untuk versi PC sekarang sudah ada.

Kelebihan dari cara yang satu ini yaitu mudah dan kecepatan pengirimannya yang sangat ngebut. Untuk tutorialnya sudah saya buatkan pada artikel Cara Mengirim File dari HP Android ke Laptop Tanpa Kabel Data. Silahkan di baca jika anda tertarik menggunakan cara ini.

5. Menggunakan penyimpanan online

Terakhir ada menggunakan media penyimpanan online. Seiring berkembangnya dunia teknologi khususnya internet cara seperti ini menjadi semakin populer. Sehingga akibatnya juga banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang menawarkan layanan penyimpanan online. Tetapi perlu anda ketahui ini juga memiliki kekurangan dan kelibihan.

Kelebihan:

  • Mudah dan ringkas.
  • Tidak perlu khawatir file akan hilang.

Kekurangan:

  • Banyak layanan yang mebatasi ukuran maksimal jika menggunakan akun gratis. Jadi jika ingin unlimited harus berlangganan.
  • Memerlukan koneksi.
Nah, setelah anda membaca kelebihan dan kekurangan cara nomor lima ini, apakah anda masih tertarik? jika iya silahkan simak beberapa situs penyedia jasa penyimpanan online sebagai berikut.

Situs penyedia layananan penyimpanan online

Akhir kata…

Dari berbagai cara mengirim file dari komputer atau laptop ke HP di atas, semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga jika ditanya mana yang paling rekomendasi, maka jawabnya yaitu relatif. Jika anda mempunyai koneksi yang cepat mungkin cara terakhir tadi yang paling cocok, jika tidak maka cara yang lain bisa lebih baik.
Mungkin sekian dulu artikel dari saya kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memenuhi kebutuhan dan membantu aktifitas kalian. Jangan lupa bagikan juga artikel ini ke teman kalian, supaya semakin banyak yang tahu. Terima kasih.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar