Pengertian serta Penjelasan Bahasa Pemrograman C# dan Python - Ngeneki.com

Pengertian serta Penjelasan Bahasa Pemrograman C# dan Python

Bahasa Pemrograman C# dan Python
Ngeneki.com - Pengertian Serta Penjelasan C# dan Python, Era teknologi seperti saat ini jauh berbeda dengan puluhan tahun kebelakang. Sekarang ini perkembangannya sangat pesat, termasuk setelah ditemukannya alat canggih bernama komputer.

Koputer sendiri erat kaitannya dengan pemrograman dan merupakan salah satu contoh teknologi yang menggunakan bahasa pemrograman.

Dari banyakanya bahasa pemrograman, ada dua yang cukup populer dan wajib diketahui maupun dipelajari oleh para pemula maupun orang umum.

Yap, namanya adalah C# dan Python.

Tepat pada kesempatan kali ini juga saya berbagi tentang pengertian dari kedua bahasa pemrograman tersebut dengan sedikit penjelasan. Simak berikut ini.

 A  Pengertian C# dan penjelasan

Apa itu C#?

C# atau C Sharp adalah bahasa pemrograman berorientasi modern yang dikembangkan pada tahun 2000 oleh Anders Hejlsberg di Microsoft sebagai saingan Java.

C# telah berkembang dengan cepat sejak pertama kali dibuat, dengan dukungan luas dari Microsoft yang membantunya mendapatkan banyak pengikut, sekarang  C# menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia.

Selama pengembangan .NET Framework, awalnya ditulis menggunakan sistem kompiler kode yang dikelola yang disebut Simple Managed C (SMC).

Pada Januari 1999, Anders Hejlsberg membentuk tim untuk membangun bahasa baru pada waktu itu yang disebut Cool, yang merupakan singkatan dari "C-like Object Oriented Language".

Microsoft telah mempertimbangkan untuk menggunakan nama "Cool" sebagai nama akhir bahasa, tetapi Hejlsberg memilih untuk tidak melakukannya karena alasan merek dagang.

Pada saat proyek .NET diumumkan kepada publik pada Professional Developers Conference Juli 2000, bahasa tersebut telah diubah namanya menjadi C#.

Hejlsberg adalah desainer utama C # dan arsitek utama di Microsoft, dan sebelumnya terlibat dengan desain Turbo Pascal, Embarcadero Delphi (sebelumnya CodeGear Delphi, Inprise Delphi dan Borland Delphi), dan Visual J ++.

Dalam wawancara ia telah menyatakan bahwa kekurangan dalam sebagian besar bahasa pemrograman utama (misalnya C ++, Java, Delphi, dan Smalltalk) mendorong dasar-dasar Common Language Runtime (CLR), yang, pada gilirannya, mendorong desain bahasa C # itu sendiri.

James Gosling, yang menciptakan bahasa pemrograman Java pada tahun 1994, dan Bill Joy, salah satu pendiri Sun Microsystems, pencetus Java, menyebut C# imitasi Java Gosling lebih lanjut mengatakan bahwa C# adalah semacam Jaa dengan keandalan, produktivitas dan keamanan dihapus.

Klaus Kreft dan Angelika Langer (penulis buku aliran C ++) dinyatakan dalam posting blog yang Java dan C# adalah bahasa pemrograman yang hampir identik.

C# adalah bahasa pemrograman yang tujuan umum dirancang untuk mengembangkan aplikasi pada platform Microsoft dan membutuhkan .NET framework pada Windows untuk bekerja.

Bahasa pemrograman ini sering dianggap sebagai hibrida terbaik dari C dan C ++ untuk menciptakan bahasa yang benar-benar modern. Meskipun .NET framework mendukung beberapa bahasa pengkodean lainnya, C # dengan cepat menjadi salah satu yang paling populer.

Selain itu C# dapat digunakan untuk membuat hampir semua hal tetapi sangat kuat dalam membangun aplikasi dan game desktop Windows.

C# juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dan telah menjadi semakin populer untuk pengembangan ponsel juga.

Berkat Xamarin memungkinkan aplikasi yang ditulis dalam C# digunakan di hampir semua perangkat seluler.

C# untuk Pengembangan Game

C# banyak digunakan untuk membuat game menggunakan mesin game Unity, yang merupakan mesin game paling populer saat ini.

Lebih dari sepertiga dari game top dibuat dengan Unity, dan ada sekitar 770 juta pengguna aktif game yang dibuat menggunakan mesin Unity.

Unity juga digunakan untuk VR, dengan 90% dari semua Samsung Gear dan 53% dari semua game Oculus Rift VR dikembangkan menggunakan Unity.

C# adalah bahasa pemrograman yang sangat populer untuk membuat aplikasi, dan merupakan pilihan yang bagus untuk setiap programmer yang berharap dapat masuk ke industri pengembangan game, atau bagi siapa pun yang tertarik dengan virtual reality (VR).

C# Mudah Dipelajari Tapi Kompleks

C# memiliki banyak fitur yang membuatnya mudah dipelajari. C# adalah bahasa tingkat tinggi, relatif mudah dibaca, dengan banyak tugas paling rumit diabstraksi, sehingga programmer tidak perlu khawatir tentangnya.

Manajemen memori, misalnya, dihapus dari tanggung jawab pengguna dan ditangani oleh skema pengumpulan sampah oleh .NET.

C# juga merupakan bahasa yang diketik secara statis, jadi kode diperiksa sebelum diubah menjadi aplikasi.

Ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan kesalahan, sesuatu yang bisa sangat berguna bagi pemula.

Meskipun sintaksis C# lebih konsisten dan logis dari pada C ++, masih banyak yang harus dipelajari. C# adalah bahasa yang kompleks, dan menguasainya mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari pada bahasa yang lebih sederhana seperti Python.

Ini berarti pengguna perlu mempelajari sejumlah besar kode untuk membuat program tingkat lanjut, yang mungkin tidak sesuai bagi sebagian pengguna baru.

C# Memiliki Permintaan yang Tinggi

Menjadi kuat, fleksibel, dan didukung dengan baik berarti C# dengan cepat menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer yang tersedia.

Saat ini, C# adalah bahasa pemrograman paling populer ke-4, dengan sekitar 31% dari semua pengembang menggunakannya secara masif.

C# juga merupakan komunitas terbesar ke-3 di Stack Overflow dengan lebih dari 1,1 juta topik.

Popularitas ini diterjemahkan menjadi pasar kerja yang berkembang lebih dari 17.000 pekerjaan C# diiklankan setiap bulan (secara global) dengan gaji rata-rata lebih dari $ 72.000.

Merujuk ke AS saja, ada lebih dari 6.000 pekerjaan di iklankan setiap bulan dengan gaji tahunan $ 92.000.

 B  Pengertian Python dan penjelasan


Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi.

Python memiliki bahasa yang bagus untuk pemula karena mudah dibaca dan elemen struktural lainnya yang dirancang untuk membuatnya mudah dimengerti, python tidak terbatas pada penggunaan dasar.

Bahkan, ini mendukung beberapa aplikasi dan situs web paling kompleks di dunia.

Python adalah bahasa yang ditafsirkan, artinya program yang ditulis dengan python tidak perlu dikompilasi terlebih dahulu untuk menjalankannya, membuatnya mudah untuk menguji potongan kode kecil dan membuat kode yang ditulis dengan python lebih mudah untuk berpindah antar platform.

Karena python adalah sistem operasi yang paling umum digunakan, python adalah bahasa universal yang ditemukan di berbagai aplikasi.

Pertama kali dikembangkan pada akhir 80-an oleh Guido van Rossum, python saat ini dalam versi ketiga, dirilis pada 2008, meskipun versi kedua awalnya dirilis pada tahun 2000 masih dalam penggunaan umum masa kini.

Keuntungan utama Python

Keberhasilan Python berkisar pada beberapa keuntungan yang disediakannya untuk pemula dan yang sudah ahli.

a. Python mudah dipelajari dan digunakan

Jumlah fitur dalam bahasa python sendiri sangat sederhana, tidak membutuhkan investasi waktu atau upaya yang relatif sedikit untuk menghasilkan program pertama kalian.

Sintaks python dirancang agar mudah dibaca dan lugas. Kesederhanaan ini menjadikan python bahasa pengajaran yang ideal, dan memungkinkan pendatang baru mempelajarinya dengan cepat.

b. Python sangat populer dan banyak digunakan

Python populer dan banyak digunakan, dalam survei seperti Indeks Tiobe dan sejumlah besar proyek GitHub banyak pengguna python tersebar di seluruh dunia.

Bahasa pemrograman itu juga berjalan pada sistem operasi utama, platform, dan yang paling dasar.

Selain itu Python mungkin bukan bahasa pemrograman yang tercepat, tetapi python merupakan bahasa pemrograman yang sangat serbaguna.

c. Berkualitas

Meskipun scripting dan otomatisasi mencakup sebagian besar kasus penggunaan python, python juga digunakan untuk membangun perangkat lunak berkualitas profesional, baik sebagai aplikasi maupun sebagai layanan web.

Hal yang tidak cocok untuk Python

Patut dicatat ada jenis tugas yang tidak cocok untuk Python. Python adalah bahasa tingkat tinggi, sehingga tidak cocok untuk pemrograman tingkat sistem driver perangkat atau kernel OS.

Python juga tidak ideal untuk situasi yang membutuhkan binari lintas platform. Kalian bisa menggunakan aplikasi Python untuk Windows, MacOS, dan Linux.

Namun, python bukanlah pilihan terbaik ketika kecepatan adalah prioritas mutlak dalam setiap aspek aplikasi.

Untuk itu, kalian lebih baik menggunakan C / C ++ atau bahasa pemrograman lain itu.

Python 2 versus Python 3

Bahasa pemrograman ini tersedia dalam dua versi, yang cukup berbeda untuk menjebak banyak pengguna baru.

Python 2.x yang merupakan versi lawas yang lebih tua, akan terus didukung dan menerima pembaruan resmi hingga tahun 2020, dan mungkin secara tidak resmi setelah itu.

Python 3.x merupakan versi bahasa saat ini dan masa depan, memiliki banyak fitur berguna dan penting yang tidak ditemukan dalam versi 2.x, seperti kontrol konkurensi yang lebih baik dan bahasa yang lebih efisien.

Adopsi Python 3 diperlambat untuk waktu yang lama karena kurangnya penggunaan dari pengguna. Banyak pengguna hanya menggunakan Python versi 2.x, sehingga sulit untuk beralih.

Tetapi selama beberapa tahun terakhir, jumlah pengguna yang hanya menggunakan Python versi 2.x telah berkurang.

Sebagian besar sekarang lebih kompatibel dengan kedua versi. Saat ini, ada beberapa alasan untuk menggunakan Python versi 3.x.


Nah, sepertinya cukup sampai di sini dulu untuk kesempatan kali ini mengenai dua bahasa pemrograman tersebut.

Semoga setelah adanya artikel ini sudah tidak ada lagi pertanyaan seperti apa itu C# dan Python?.

Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian serta Penjelasan Bahasa Pemrograman C# dan Python"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel