Cara Mengirim Foto dari Kamera Canon ke HP Android Secara Langsung - Ngeneki.com

Cara Mengirim Foto dari Kamera Canon ke HP Android Secara Langsung

Cara Mengirim Foto dari Kamera Canon ke HP Android Secara Langsung - Sekarang smartphone sudah dapat digunakan untuk memotret foto dengan kulitas bagus. Tetapi meski begitu keberadaan kamera digital tetap masih populer. Banyak orang yang masih menggunakan kamera digital seperti DSLR maupun mirrorless untuk melakukan pemotretan dengan berbagai alasan.

Tetapi untuk saat ini efektifitas dari kamera digital masih banyak kekurangan. Salah satu diantaranya yaitu ketika ingin mengolah foto atau mengunggahnya di media sosial. Anda harus terlebih dahulu memindahkan file dari kamera ke perangkat lainnya seperti laptop maupun smartphone.

Cara Mengirim Foto dari Kamera Cannon ke HP Android Secara Langsung

Cara memindahkan foto atau video dari kamera biasanya cukup ribet. Karena harus melepas memori lalu dipasang ke perangkat atau harus menggunakan kabel perantara.

Sekarang anda tidak perlu khawatir untuk hal itu. Karena ternyata dalam salah satu merk kamera yaitu Canon anda sudah bisa mengirim foto secara langsung ke HP Android. Cara tersebut dengan memanfaatkan fitur sharing device yang menggunakan jaringan hotspot sebagai perantara.

Tenang, hotspot atau WiFi di sini tidak perlu menggunakan kuota kok, karena hanya sebagai penghubung untuk mengirim foto atau video dari kamera ke HP.

Cara Mengirim Foto dari Kamera Canon ke HP

Sebelum anda menuju ke langkah-langkah, pastikan HP anda adalah Android dan kamera anda mendukung fitur sharing device. Biasanya kamera tersebut ditandai dengan adanya tombol dengan ikon ponsel.

Langkah-langkah


  1. Download dan install aplikasi Canon Camera Connect yang ada di Google Play Store.
  2. Jika sudah, nyalakan kamera lalu tekan tombol dengan ikon ponsel yang ada di kamera anda. Letaknya tergantung masing-masing jenis kamera. Jika pada kamera saya terletak pada bagian samping.
  3. Apabila sebeumnya belum pernah digunakan untuk mengirim foto atau video secara langsung menggunakan cara ini maka anda akan disuruh memasukkan nickname dan memilih perangkat yang akan disambungkan. Pilih saja ikon ponsel. Hingga menampilkan nama jaringan WiFi dan password (jika ada).
    EOS M10
  4. Sekarang hubungkan WiFi di HP ke jaringan hotspot dari kamera tersebut.
  5. Lalu buka aplikasi Camera Connect, jika muncul banyak tulisan lalu ada pilihan di bagian bawah, pilih saja "Agree".
  6. Kemudian jika anda menemui permintaan perizinan, tekan saja izinkan. Lalu masih akan ada guide atau tutorial dan penejelasan. Tekan saja skip.
  7. Sekarang akan muncul pop up, kemudian tekan pada nama kamera yang anda buat tadi.
  8. Pilih "Image on camera". Seanjutnya pilih foto dengan menekan atau select jika ingin mengirim banyak sekaligus ke HP.
    Camera Conccet Android
  9. Pada bagian menu bawah klik ikon download. Jika muncul tulisan "Image save size" pilih reduced untuk menyimpan foto ke HP dengan ukuran yang telah diperkecil, atau pilih "Original size" jika menginginkan file aslinya. Lalu pencet "OK".
    Menggunakan aplikasi Camera Connect
  10. Tunggu hingga proses selesai, kemudian cek di galeri HP anda.

Bagaimana? mudah banget bukan. Meski begitu masih banyak orang yang belum mengetahui. Meski di atas terdapat hingga sepuluh langkah, tetapi jika anda praktekkan pasti bakalan lebih mudah lagi kok.

Bahkan jika dibandingkan harus memindahkan dengan cara melepas kartu memori dari kamera, atau menggunakan kabel yang kemudian dihubungkan ke laptop atau komputer terlebih dahulu bakalan lebih ribet deh.

Oh iya, cara yang saya begikan di atas saya sudah mencoba dengan kamera Canon saya Mirrorless EOS M10. Tetapi tidak menutup kemungkinan di kamera Canon lain juga berhasil kok.

Sekian dulu artikel saya kali ini tentang cara mengirim foto dari kamera ke HP. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share dan selalu kunjungi blog ini ya, agar tidak ketinggalan update yang kekinian. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengirim Foto dari Kamera Canon ke HP Android Secara Langsung"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel