Cara Mengatasi Trafik Blog yang Menurun Karena Ganti Template - Ngeneki.com

Cara Mengatasi Trafik Blog yang Menurun Karena Ganti Template

Cara Mengatasi Trafik Blog yang Menurun Karena Ganti Template
Ngeneki.com - Cara Mengatasi Trafik Blog yang Menurun Karena Ganti Template, Sebenarnya banyak sekali penyebab trafik blog turun, salah satunya disaat anda baru saja mengganti template blog. Hal ini sudah sering terjadi dan dialami oleh berbagai kalangan blogger.

Gak jarang mereka kebingungan, apa yang sebenarnya terjadi dengan blog mereka. Apalagi kalau blog tersebut sudah besar dan bisa menghasilkan.

Saya sendiri juga pernah beberapa kali mengalami hal demikian. Bahkan tidak hanya mengalami penurunan yang sedikit, tetapi benar-benar drastis mungkin hingga 80%.

Pada saat itu juga saya sempat panik disaat hal itu terjadi, apalagi jika itu adalah blog utama saya yang menghasilkan.

Tetapi, setelah saya mencari-cari informasi. Trafik blog yang turun akibat ganti template ternyata memang sangatlah wajar dan memang pasti terjadi.

Kenapa ini bisa terjadi?

Faktor pertama yang mempengaruhi turunya visitor secara drastis atau dapat juga dikatakan anjlok terlalu banyak akibat ganti template yaitu strukturnya.

Struktur antara template blog yang lama dengan yang baru pasti sudah sangat berbeda, apalagi dari pembuat yang berbeda.

Akibatnya Google akan kesulitan memahami blog anda. Sehingga seakan blog anda ini belum dikenal lagi.

Selain itu setelah anda mengganti template bisa saja template yang anda gunakan tidak bagus, tidak SEO friendly, atau bahkan menyebabkan banyak link yang error.

Oleh karena itu anda harus melakukan cara-cara yang akan saya jelaskan di bawah sebagai berikut. Simak dengan baik-baik ya....

Pastikan template yang baru lebih bagus

Yang paling penting yaitu memastikan bahwa template yang baru saja anda gunakan termasuk template yang bagus, terutama untuk Google (SEO firendly).

Pastikan template tersebut memenuhi kriteria-kriteria seperti yang saya utarakan di bawah sebagai berikut:

Tidak ada struktur yang error

Struktur adalah hal yang utama bagi sebuah template. Struktur yang bagus biasanya adalah yang mengikuti perkembangan algoritma. Dan ini menjadi kunci yang paling penting.

Responsive

Yang kedua yaitu bagaimana saat blog anda dibuka melalui berbagai perangkat. Jangan sampai blog anda bagus saat dibuka di komputer atau laptop tetapi berantakan saat diakses melalui ponsel. Padahal Google sudah menerapkan algoritma mobile friendly. Sehingga ini akan sangat parah dampaknya.

Ringan

Template blog yang mempunyai kecepatan loading ringan akan sangat disukai Google. Oleh sebab itu pastikan template baru anda lebih baik dalam hal ini. Karena bisa saja inilah yang menjadi penyebab kenapa blog anda menurun pengunjungnya.

Karena jelas, semua pengguna lebih senang dengan situs yang cepat untuk diakses. Jika tidak mereka bisa pergi begitu saja, dan itu juga akan mempengaruhi rangkin di Google.

Tampilannya bagus

Ada banyak hal yang membuat anda ingin mengganti template blog, salah satunya dari segi tampilan yang sebelumnya jelek atau sudah tertinggal dengan tampilan sekarang yang lebih bagus dan kekinian.

Tetapi bagaimana jika tidak?

Kenyaman pengguna yang paling utama. Jadi, meskipun dari berbagai segi template baru anda tergolong bagus, tetapi jika tampilannya tidak enak dilihat oleh orang yang mengunjungi blog anda maka itu juga bisa menjadi salah satu penyebab.

Dan ini juga tidak bisa diremehkan karena sama pentingnya dengan hal-hal lainnya. Selain itu pengunjung yang sudah lama dan sering mengunjungi blog anda akan merasa sedikit tidak senang.

Cek broken link

Dalam suatu template belum tentu seluruh bagiannya sempurna. Terutama bagi template yang baru, kemungkinan ada link yang sebelumnya tidak bermasalah menjadi bermasalah.

Untuk itu pastikan dengan segera apakah ada link yang error atau rusak akibat template baru tersebut.

Caranya sangatlah mudah yaitu sebagai berikut.

  1. Buka situs https://www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php.
  2. Masukkan alamat url blog anda dan juga kode keamanan yang ada di sana.
  3. Kemudian klik "Find broken links" dan tunggu hingga proses analisa selesai.

Selesai, sekarang jika ada error silahkan diperbaiki, jika tidak silahkan diabaikan dan lanjut ke tips berikutnya.

Segera update artikel

Inilah yang wajib anda lakukan ketika baru saja mengganti template blog.

Karena dengan cara ini bisa membantu blog anda untuk segera dirayapi kembali oleh mesin pencari. Sehingga nanti akan berdampak kepada artikel lainnya dan kembali terindeks hingga mendapatkan posisi yang bagus.

Oleh karena itu segera lakukan update konten blog sebanyak mungkin. Tidak lupa juga pastikan artikel yang anda buat original dan tetap berada di bawah kaidah yang benar.

Oh iya, jangan lupa juga untuk mengecek artikel yang lama. Apakah ada suatu kesalah atau mungkin ada yang menyebabkan kenapa pengujung bisa turun. Jika memang iya silahkan diperbaiki.

Submit ulang blog ke webmaster

Cara yang gak kalah penting dan bisa anda lakukan ketika trafik dari blog anda turun yang siebabkan oleh pergantian template yaitu dengan mengirim ulang blog ke webmaster untuk di indeks.

Saya sendiri melakukan submit di search console dan melakukan "Fetch as Google" ke halaman homepage blog saya.

Selain itu anda juga bisa mengirim ulang sitemap atau peta situs yang ada di webmaster. Jika hal ini masih dirasa kurang, silahkan submit lagi artikel-artikel blog anda.

Kembali gunakan template yang lama

Solusi terakhir jika hingga dalam waktu beberapa minggu blog anda belum mempunyai trafik yang normal yaitu dengan menggunakan kembali template yang lama.

Di sinilah peran backup template sebelum mengganti sangatlah penting. Jika anda sudah melakukan backup atau mengunduh file template yang lama dari situs anda, sekarang yang anda lakukan hanyalah dengan menggantinya kembali dengan yang itu.

Langkah ini bisa dibilang langkah terakhir atau darurat jika semua dari beberapa poin sebelumnya belum mampu mendapatkan hasil yang maksimal.

Alasanya mungkin karena template baru anda memang tidak cocok, atau template blog yang lama memang lebih bagus.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa anda dapatkan dari beberapa poin diatas adalah sebagai berikut...

Ternyata turunya trafik akibat dari mengganti template tidak hanya dialami oleh sedikit orang, melainkan hampir semua yang melakukan hal itu.

Jadi, anda tidak perlu khawatir kenapa trafik bisa turun drastis. Hanya saja mungkin anda juga perlu melakukan beberapa cara di atas untuk bisa sesegera mungkin mengembalikan pengunjung hingga normal.

Selain itu jangan terlalu berlebihan hingga mengambil tindakan yang justru menyalahi. Karena nanti juga akan kembali dengan sendirinya, bahkan bukan tidak mungkin akan meningkat dari yang sebelum anda mengganti template.

Perlu saya tegaskan kembali, untuk anda agar tidak terlanjur. Sebaiknya jangan terlalu sering mengganti template, apalagi jika template yang lama sudah bagus. Karena itu efeknya sangatlah merugikan blog kita.

Akan ada banyak artikel yang bisa menjadi tidak terindeks, penurunan posisi rangking di mesin pencari, kenyamanan pengunjung yang sudah terbiasa mangkring menjadi tidak senang, dan berbagai hal lain sebagainya.

Sekian dulu dari saya kali ini, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel