Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung
Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan untuk mengisi waktu luang untuk berbaur dengan alam dan pemandangan.

Mungkin bagi para pendaki yang sudah terbiasa pasti ngerti apa saja hal yang harus dipersiapakan untuk melakukan pendakian


Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan saat akan mendaki gunung, dan berikut ini adalah beberapa yang paling penting terutama untuk pemula yang belum pernah sama sekali.


Waktu dan Cuaca

Pilih waktu yang tepat mulai dari tanggal dan cuaca.

Jika ingin bermalaman hingga berhari-hari pastikan dahulu apakah cuacanya baik-baik saja.

Jangan mendaki di saat cuaca tidak baik seperti hujan, gersang, bahkan badai karena rintangan yang dihadapi akan sangat sulit apalagi untuk sejumlah Gunung yang memerlukan waktu pendakian lama hingga ke puncak.

Bahkan beberapa jalur pendakian biasanya akan ditutup jika cuaca tidak memungkinkan.

Jangan sendiri

Usahakan saat akan mendaki ke gunung jangan sendiri, carilah teman sebanyak mungkin.

Hal ini bisa membantu kamu saat melewati rintangan yang dihadapi seperti saat ada medan yang sulit, tersesat, ataupun terjadi hal yang tidak diinginkan di tengah jalur pendakian.


Kesehatan

Mendaki saat liburan boleh saja tapi alangkah baiknya sesuaikan juga kondisi kesehatan tubuh kamu.

Jika dirasa kurang baik mending urungkan dulu niat untuk melakukan pendakian sekalipun hanya sebentar.

Apalagi kalau punya penyakit khusus yang sekiranya bisa kambuh dan membahayakan saat perjalanan.

Barang

Adapun berbagai benda yang juga harus dibawa untuk memenuhi kebutuhan mendakimu seperti berikut.

Tenda Camping

Jika berencana ingin bermalam saat mendaki entah itu dipuncak atau bukan tenda camping sangatlah diperlukan.

Sudah jelas banget kan diatas gamungkin ada hotel mewah apalagi ber AC wkwk.

Jangan lupa persiapan sebelum pergi mendaki dicoba dahulu tenda tersebut di rumah mulai dari cara melipat, membuka, memasang, dan menutup kembali agar tidak kebingungan nantinya.


Matras

Usahakan bawa matras juga untuk berjaga-jaga kalau kondisi tanah agak basah atau dingin meskipun biasanya tenda camping dibawahnya sudah ada alasnya.

Selain itu matras pribadi bisa untuk tidur di tempat yang lebih sempit sewaktu-waktu misalnya pada saat siang hari.

Selimut yang hangat
Kalau kamu pengen bermalaman apalagi di gunung bagian atas bahkan puncak selimut jelas wajib dibawa.

Meskipun cuacanya terlihat terik, namun saat diatas angin dan suhu bakalan dingin banget.

Daripada nanti menggiggil lebih baik siapkan dulu yaaa...

Makanan

Makanan juga termasuk yang wajib dibawa.

Mungkin di sebagian tempat pendakian memang ada tetapi semakin tinggi tempat semakin jarang dan itupun juga sedikit.

Alangkah baiknya bawa bekal seperlunya, jangan terlalu banyak juga karena nanti malah hanya akan memberatkan barang bawaan.

Menurut pengalaman saya pribadi melakukan pendakian pernah membawa bekal roti pas turun malah sisa gak kemakan.

Minuman

Minuman juga termasuk seperti makanan.

Gamungkin makan terus tanpa minum, tubuh juga butuh cairan.

Bawa saja minum yang sehat, air putih juga cukup.

Gaperlu minuman aneh-aneh yang nanti malah bikin batuk, sakit, atau gampang lelah.

Mending juga bawa minuman dengan kemasan kecil-kecil tapi banyak kalau saya pribadi karena setelah habis bisa dibuang langsung daripada minuman dengan wadah besar tetapi untuk diminum berkali-kali sehingga bawa botol besar terus sampai habis.

Senter

Rintangan jalan yang akan kamu lewati saat mendaki gunung biasanya akan banyak pepohonan dan tebing, maka tak jarang daerah daerah tersebut gelap.

Selain itu cuaca juga kadang tak tentu, meski dibawah panas tetapi terkadang diatas mendung dan matahari tertutup oleh awan.

Itulah sebabnya kenapa senter atau lampu adalah salah satu hal yang wajib kamu bawa.

Selain itu senter juga sangat dibutuhkan ketika malam telah tiba.

Pisau

Pisau juga tak ketinggalan sebagai salah satu alat yang wajib kamu bawa.

Kadangkala dalam jalur pendakian ada berbagai dahan atau apapun itu yang harus dipatahkan oleh pisau agar bisa dilewati.

Selain itu pisau juga bisa kamu gunakan untuk menghadapi segala bahaya ancaman dari binatang.

Gunting

Gunting ini juga perlu, terutama untuk memotong tali atau sejenis.

Mungkin juga bisa untuk membuka bungkus makanan, dan sebagai alat darurat lainya.

Tali

Yang satu ini juga gak ketinggalan oleh yang lainya, pasalnya tali dibutuhkan untuk keperluan apapun.

Korek Api

Kalau cuaca sendang dingin banget, enaknya bakar-bakar makanya harus bawa korek api.

Eitsss, meski begitu perhatikan ya dimana saja letak wilayah yang boleh dilakukan untuk membuat api karena tak jarang hutan di daerah pendakian ikut terbakar karena sedikit saja percikan api yang muncul.

Selain itu korek api juga bisa digunakan untuk memotong tali, membakar sesuatu, dan lain sebagainya.

Kompas

Siapa sih yang gakenal kompas? yap alat penunjuk arah.

Pada jalur mendaki disebuah gunung maka jalanya pasti akan berkelok-kelok.

Tidak ada petunjuk arah yang sudah ada disana menunjukan mana Barat, Timur, Selatan, dan Utara.

Jika kamu membawa peta kompas sangat diperlukan.

Untuk orang muslim sendiri bisa juga memudahkan mengetahui arah kiblat.

Alat serba guna

Sebagai alternatif jika kamu keberatan membawa banyak benda saya punya solusinya nih.

Yaitu dengan membawa alat khusus untuk para pedaki seperti pisau, gunting, penjepit, dan lain sebagainya yang dijadikan satu agar lebih simpel.

Ada juga mangkok yang sangat tipis dan bisa dibesarkan agar tak memenuhi tas.

Kamera
Yang terakhir yaitu kamera.

Kalau kamu emang orang yang gak pengen pake banget untuk berfoto yasudah gak perlu dibawa.

Tapi di zaman seperti ini sayang banget kalau mendaki gak mengabadikan momen.

Maka dari itu kamera menjadi hal wajib terutama bagi pemuda yang mendaki.

Lumayan kan fotonya bisa banyak keren-keren.

Biasanya di daerah gunung itu foto pemandangan pasti bagus, entah itu pemandangan gunung, jalan, pepohonan, awan, dan sebagainya.

Cakep dah!.

Baca juga:

Disqus
Pilih Sistem Komentar