7 Amalan Untuk Mendapatkan Banyak Pahala Saat Ramadan

Salah satu amalan yang bisa dilakukan saat ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat suci dimana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa bagi yang sudah memenuhi rukun puasa.

Di bulan itu juga kita dapat memperbaiki diri dan melakukan hal-hal yang baik untuk mendapatkan banyak pahala lebih selain puasa.

Hal yang dilakukan yaitu berupa amalan-amalan untuk kebaikan yang lebih lengkapnya bisa simak dibawah ini.


Beberapa amalan saat puasa ramadan

Sebelumnya saya sampaikan terlebih dahulu bawasanya sebenarnya masih banyak lagi amalan-amalan yang lain dan bisa dilakukan agar mendapat pahala lebih banyak, akan tetapi dibawah ini saya tulis tujuh saja karena menurut saya paling utama dan terbilang sederhana.

Sholat tahajud

Mulai dari yang paling pagi yaitu kurang lebih di sepertiga malam terakhir yaitu sholat tahajud.

Meskipun sudah melakukan sholat tarawih kita masih diperbolehkan untuk melakukan sholat tahajud bahkan bisa mendapatkan pahala yang lebih karena perintah dan jumlah rakaat yang tidak terbatas.

Maka dari itu sholat tahajud sangatlah cocok dilaksanakan saat bulan ramadan agar mendapat pahala yang lebih.

Makan sahur dan akhiri menjelang waktu imsak

Makan sahur termasuk salah satu hal yang seharusnya kamu lakukan saat puasa karena akan mendapatkan keberkahan dari Allah.

Jika sebagian dari kalian masih sering menyepelekan sahur karena merasa kuat saat berpuasa cobalah mulai dari sekarang untuk membiasakan sahur.

Selanjutnya akhiri makan sahur pada waktu menjelang imsak.

Hal tersebut sangatlah dianjurkan untuk umat muslim serta bisa juga digunakan untuk menghindari ketiduran saat akan sholat subuh.

Biasakan hal ini meskipun terlihat sepele karena ternyata dapat untuk mendapatkan pahala dan keberkahan. Aamiin.

Segera membatalkan puasa saat waktunya berbuka

Meskipun waktu adzan maghrib bisa dibilang cukup singkat hingga biasanya orang akan lebih dahulu sholat setelah mendengar adzan akan tetapi berbeda dengan saat berpuasa.

Alangkah baiknya setelah adzan maghrib dikumandangkan disegerakan untuk membatalkan puasa entah itu dengan minum atau makan sedikit saja.

Setelah itu barulah segera berwudhu dan menuju masjid atau mushola untuk melakukan sholat Maghrib berjama'ah (untuk laki-laki) agar bisa mendapat pahala dengan lebih sempurna.

Sholat jamaah di awal waktu

Di bulan puasa biasanya akan banyak waktu yang lebih karena kemungkinan aktifitas yang dilakukan juga berkurang.

Maka dari itu untuk mendapat pahala sebisa mungkin untuk sholat berjamaah di awal waktu terutama untuk kaum laki-laki.

Sebisa mungkin datang ke masjid atau mushola lebih awal dari biasanya dan menunggu adzan itu insyallah akan jauh lebih berpahala.

Sholat tarawih

Sholat tarawih biasa dilakukan setelah sholat isya dan berjamaah di masjid dengan jumlah rakaat 8 hingga 20 pada umumnya.

Bahkan di beberapa tempat bacaannya bukan sekedar surat pendek, tetapi 1 Juz, hingga ada yang sekali sholat tarawih langsung khatam al-Qur'an (30 Juz).

Meskipun sholat ini hukumnya hanya sunah akan tetapi sangatlah direkomendasikan jika ingin mendapat pahala di bulan ramadan.

Pasalnya selain sunah, sholat ini juga sangat banyak sekali manfaatnya.

Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an memang bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat bukan bulan ramadan tetap akan mendapat pahala.

Tapi di bulan ramadan membaca kitab tersebut akan mendapat pahala yang lebih.

Selain itu untuk membaca Al-Qur'an bisa kapan saja dan dimana saja sehingga sangat disarankan untuk dilakukan saat bulan puasa.

Mungkin ada yang setelah sahur, siang hari, ataupun setiap setelah sholat, syukur-syukur sehari bisa 1 Juz agar saat lebaran bisa khatam Al-Qur;an.

Bersedekah

Bersedekah juga termasuk amalan yang sederhana dan sangat disarankan bagi siapa saja yang mampu.

Di bulan ramadan alangkah baiknya untuk memperbanyak sedekah karena bisa dibilang semakin banyak jalan untuk melakukan sedekah hingga mendapat pahala.

Caranya mungkin dengan memberi sumbangan kepada orang yang kurang mampu, memberi takjil, memberi makan orang untuk sahur, zakat, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel