Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri - Ngeneki.com

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri

Sebagai media sosial raksasa yang mengusung konten berupa foto dan video ternyata hingga saat ini Instagram sendiri tidak memberikan fitur untuk menyimpan konten tersebut ke dalam telepon atau memori internal.

Hal ini mungkin dikarenakan akan banyak orang yang mencuri foto orang lain terutama yang memiliki hak cipta.

Bayangkan saja jika itu terjadi, foto yang di unggah di Instagram akan lebih mudah di dapat dan bisa saja disalahgunakan. Lebih parah lagi jika nanti ada yang mengkallaim karya orang lain. Karena di Instagram itu bukan hanya foto pribadi biasanya, banyak seorang yang mengunggah karyanya di sana.

Misalnya saja fotografi, videografi, desain dan lain sebagainya.

Sebenarnya IG sudah memberikan fitur alternatif untuk melihat foto atau video seperti menyimpan tetapi sama saja harus membuka aplikasi dan memerlukan koneksi. Fitur tersebut lebih dikatakan untuk memberikan tempat khusus bagi postingan entah itu foto atau video untuk di lihat kapan saja.

Jadi bukan untuk di simpan ke galeri lalu bisa kita gunakan filenya dan dipindah-pindah.

Oleh karena itu untuk sebagian orang yang ingin mendapatkan file mirip aslinya dari kontent yang diuploadi di Instagram entah itu video maupun foto maka akan kesulitan.

Maka dari itu anda memerlukan trik atau cara lain agar bisa menyimpan foto dan video di IG (Iinstagram) ke HP, sehingga tak perlu lagi buka IG dan foto atau video tersebut bisa lebih mudah di lihat melalui galeri dan dibagikan atau digunakan untuk keperluan lainnya.

Cara yang saya bagikan di bawah ini bisa anda gunakan untuk menyimpan foto dan video di Instagram entah itu dari postingan sendiri maupun orang lain. Yuk langsung saja ke tutorialnya berikut ini....

Cara mengunduh foto atau video di IG dengan aplikasi Instasave

Berikut adalah cara mudah menyimpan atau mendowload foto dan video dari Instagram ke galeri HP menggunkan bantuan aplikasi Instasave.
  1. Buka aplikasi Google Playstore di smartphone kamu.
  2. Ketikkan "Instasave" pada kotak pencarian yang berada di atas seperti saat anda ingin mencari aplikasi atau game biasanya.
  3. Unduh dan pasang aplikasi tersebut dan tunggu hingga selesai. Biasanya akan otomatis membuka aplikasi tersebut.
  4. Setelah itu keluar terlebih dahulu dari aplikasi Instasave, kemudian buka aplikasi atau web Instagram melalui browser, sillahkan login jika belum.
  5. Jika sudah cari foto atau video yang ingin di download ke galeri.
  6. Klik ikon seperti titik tiga pada bagian pojok kanan atas bagian foto atau video.
  7. Jika muncul opsi pilihan, selanjutnya pilih "Salin url"
  8. Selamat, sekarang foto atau video tersebut sudah berhasil di simpan, silahkan lihat di galeri Android kalian. Jika tidak ketemu tunggu dulu beberapa saat mungkin belum terbaca, atau jika ingin melihat secara cepat bisa secara manual dengan membuka file manager dan letak aplikasi Instasave berada.
Begitulah cara mudah untuk menyimpan gambar ataupun video dari Instagram menggunakan aplikasi Instasvae yang ada di Google Play Store Android.

Cara di atas menurut saya sudah sangat mudah. Hanya dengan beberapa langkah tersebut anda sudah bisa melakukannya.

Untuk ukuran aplikasinya juga tidak terlalu besar, sehingga tidak terlalu memakan kuota.

Meski sebenarnya masih banyak lagi aplikasi lain yang serupa untuk menyimpan foto dan video dari Instagram tapi Instasave yang menrut saya paling bagus dibandingkan aplikasi yang lainnya.\

Untuk anda yang mungkin merasa kerepotan, kebingungan, dan pengen cara lain yang mungkin bisa lebih mudah tenang saha, masih ada cara lain yang tanpa menggunakan aplikasi tambahan seperti Instasave di atas.

Dengan cara di bawah ini anda hanya menggunakan browser saja yang biasanya pasti sudah ada di setiap HP Android. Silahkan simak berikut di bawah ini cara download dari Instagram tanpa aplikasi.

Cara download dari Instagram tanpa aplikasi

Berikut ini adalah cara untuk mendownload dan menyimpan foto maupun video yang ada di Instagram hingga masuk ke memori HP anda.
  1. Buka apikasi Instagram atau anda dapat membuka melalui situs webnya di browser. Jika sudah silahkan login.
  2. Cari foto atau video yang ingin di download.
  3. Pada bagian pojok kanan atas ikon titik tiga pilih salin url.
  4. Keluar dahulu dari Instagram jika sudah menyalin.
  5. Buka browser yang ada di smartphone sobat. Bisa menggunakan browser bawaan atau yang lain sama saja. Saya sendiri lebih merekomendasikan menggunakan Google Chrome karena mudah dan cepat bagi saya.
  6. Buka link berikut. https://downloadgram.com/.
  7. Paste atau tempel url yang telah di salin dari Instagram postingan berupa foto atau video tadi.
  8. Pilih download, dan tunggu proses sebentar hingga muncul tombol dengan tuisan Download Image.
  9. Lalu pencet saja tombol tersebut (Download Image) dan otomatis gambar atau video dari IG berhasil disimpan.

Selesai sekarang anda seharusnya sudah berhasil mendownloadnya dan bisa dilihat filenya di galeri maupun memori internal HP kalian.

Dari kedua cara di atas menurut saya sama saja. Untuk lebih mudah atau tidak itu tergantung anda masing-masing. Karena keduanya melalui langkah-langkah yang mirip.

Hanya berbeda basisnya saja, yang satu harus menggunakan aplikasi, yang satunya lagi harus membuka link web downloader Instagram tersebut.

Dengan kedua cara di atas, anda bisa menyesuaikan sendiri menurut kebutuhan dan keinginan anda. Sehingga tidak terpaku kepada satu metode dan mengalami kesulitan.

Sekian dulu postingan kali mengenai cara menyimpan foto maupun video dari IG.

Oh iya, buat kamu yang pengen tau atau penasaran sama berbagai fitur IG bisa ke artikel cara untuk menyembunyikan foto di Instagram tanpa menghapusnya. Silahkan baca juga yaaa biar gak ketinggalan zaman.

Semoga artikel menyimpan foto dan video Instagram ke galeri ini dapat membantu, dan jangan disalahgunakan yaaaa....

Terima kasih, salam Igers!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel